Cuaca Panas, DPR Dorong Rekayasa Hujan dan Kerja sama Negara COP

Cuaca Panas, DPR Dorong Rekayasa Hujan dan Kerja sama Negara COP

INDOPOS.CO.ID – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan meminta pemerintah segera lakukan gerakan cepat bagaimana menciptakan hujan buatan, lantaran perubahan iklim global yang membuat cuaca panas mendera negeri ini.

“Cuaca panas saat ini perlu segera diatasi cepat dengan rekayasa hujan buatan. Ini adalah jangka pendek penanganan yang harus dilakukan pemerintah,” kata Daniel saat dihubungi, Rabu (4/10/2023).

Dia menjelaskan, prediksi Badan Meteorogi dan Geofisika (BMKG) bahwa kemarau panjang yang akan terjadi hingga November nanti serta banyaknya daerah yang terancam kekeringan harus mendapat perhatian dari semua kementrian dan lembaga.

“Butuh ekstra kerja keras dari semua pihak baik pemerintah dan masyarakat serta butuh dukungan anggaran agar bisa melakukan rekayasa-rekayasa agar terjadi hujan lebih intens. Karena dampak cuaca panas ini sangat dirasakan oleh petani, debit air menyusut, irigasi kering berdampak pada gagal panen, kebakaran hutan dan lahan mudah terjadi,” ucap Daniel.

Sedangkan dalam jangka panjang, lanjutnya, yang harus dilakukan adalah melakukan penanam pohon secara masif terutama di daerah-daerah gersang, lahan yang terlantar, tidak produktif.

“Dengan semakin banyaknya pohon akan semakin baik kualitas udara juga dalam kondisi musim hujan sebagai penahan air,” tuturnya.

Daniel mengatakan, karena perubahan iklim global ini juga melanda dunia, maka politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mendorong agar pemerintah bersama negara-negara anggota Conference of the Parties (COP) yang sering melakukan pertemuan tahunan agar lebih konkret dalam bertindak.

“Tidak hanya ajang musiman dalam melakukan pertemuan tetapi perlu adanya anggaran dan action dari negara anggora COP dalam mengatasi cuaca ekstrem bisa disalurkan untuk mengatasi perubahan iklim global ini,” pungkasnya.(dil)

Quoted From Many Source

Baca Juga  5 Tips Strategi Trading Forex Yang Pasti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *