Indonesia Digital MeetUp 2023 Berikan 6 Kemudahan bagi UKM, Ini Rinciannya

Indonesia Digital MeetUp 2023 Berikan 6 Kemudahan bagi UKM, Ini Rinciannya

INDOPOS.CO.ID – Smesco Indonesia bakal menggelar kegiatan Indonesia Digital MeetUp (IDM) 2023 pada 5 – 6 Oktober, dengan tema khusus Festival Wirausaha Mudah. Kegiatan tersebut memberikan solusi digital bagi UKM yang bisnisnya ingin ditingkatkan.

Direktur Utama Smesco, Leonard Theosabrata mengatakan pihaknya berupaya menciptakan ekosistem yang bisa memberikan kemudahan bagi UKM. Dibantu dengan adanya platform online menggabungkan beberapa aspek.

“(IDM) 2023 mendapatkan fasilitas seperti ini, bahan baku manufacturing, logistik, marketing perencanaan keuangan menjadi lebih mudah. Tentunya ada skala ekonomi yang terangkat,” kata Leonard di Jakarta, Senin (2/10/2023).

Smesco ingin menciptakan manfaat untuk para UMKM. Ia menganalogikan calon pegawai yang sulit diterima bekerja, berbeda dengan yang telah tergabung bersama asosiasi bisa mendapat kemudahan.

“Leverage ini penting, saya bercandanya kalau kalian sendiri mengetok pintu satpam tidak dibukakan pintu pabriknya tapi kalau bergabung dengan satu ekosistem,” tutur Leonard.

Kemudahan berwirausaha tersebut untuk mendukung target pencapaian rasio 4 persen jumlah wirausaha pada tahun 2024. Kegiatan tahun ini mempunyai tagline ‘datang bawa ide, pulang punya bisnis’.

Senada, Direktur Bisnis dan Pemasaran Smesco Indonesia Wientor Rah Mada berupaya memberikan solusi-solusi digital, pemicunya adalah sistem digital dan ada beberapa kelemahan UMKM, sehingga mengalami stagnasi.

“Stagnasi ini hanya bisa diselesaikan (red) dua hal. Pertama adalah teknologi dan kedua membentuk komunikasi sesama UMKM,” ujar Wientor.

Terdapat 80 booth perusahaan yang berisikan enam jenis kemudahan yang akan didapat pengunjung. Pertama, kemudahan perizinan. Berisi pusat layanan UKM Smesco. Kemudahan badan usaha, BPOM, label halal, HAKI, merek dan lainnya.

“Izin merek, 20 menit semunya beres. Kalau perizinan badan hukum, membuat PT, itu 40 menit jadi,” tuturnya.

Baca Juga  Trudeau and Zelensky Link video Tiktok

Kedua, kemudahan produksi. Berisi perusahaan makloon: kosmetik, skincare, minuman kecantikan, minuman kesehatan, herbal, clothing, sepatu dan lainnya. “Ini akan memudahkan teman-teman UMKM atau calon wirausaha,” ucap Wientor.

Ketiga, kemudahan logistik berada di zona tiga berisi aggegator, logistik, perusahaan ekspedisi, transportasi, warehousing dan lainnya. Keempat, kemudahan marketing. Kelima kemudahan enabler dan kemudahan pembiayaan. (dan)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *