Majukan UMKM Lewat Program Sahabat FINATRA, Begini Cara Daftarnya

Majukan UMKM Lewat Program Sahabat FINATRA, Begini Cara Daftarnya

INDOPOS.CO.ID – PT Federal International Finance (FIFGROUP) melalui brand service FINATRA yang menyediakan layanan pembiayaan produktif untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berkolaborasi dengan Hasta Inc. yang merupakan Corporate Innovation and Business Consulting company, untuk menyelenggarakan sebuah program inkubasi yang ditujukan bagi para pelaku UMKM.

FIFGROUP yang merupakan anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial dalam bidang penyedia layanan pembiayaan melihat peran penting UMKM dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Melalui program ini FINATRA turut memberikan kontribusinya dalam meningkatkan kapasitas dan keterampilan bisnis bagi para pelaku UMKM melalui program Sahabat FINATRA. Program Sahabat FINATRA itu diluncurkan pada Rabu (27/9) di Jakarta.

Didorong oleh semangat dan tekad untuk maju, para pelaku UMKM menunjukkan tingkat kreativitas yang tinggi dalam mengembangkan produk maupun layanan mereka. Mereka juga fleksibel dalam mencoba tantangan baru demi menghadapi perubahan pasar. Namun, untuk memaksimalkan potensi besar yang dimiliki pelaku UMKM, dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak dan berbagai cara, termasuk melalui progam inkubasi. FINATRA hadir untuk membantu optimalisasi potensi besar para pelaku UMKM itu.

Microfinancing Division Head FIFGROUP, Cicilia Tri Hapsariningtyas, menyampaikan bahwa tantangan yang dihadapi oleh UMKM ini menjadi perhatian seluruh pemangku kepentingan. “FIFGROUP melalui FINATRA sebagai salah satu bisnis pembiayaan yang juga berkontribusi dalam pertumbuhan UMKM di Indonesia turut ambil peran dalam pengembangan UMKM lewat program ini,” ungkap Cicilia.

Lebih lanjut, Cicilia mengatakan melalui program inkubasi yang dihadirkan oleh FINATRA tersebut merupakan wujud dukungan FIFGROUP terhadap implementasi nilai-nilai keberlanjutan dengan mendukung Sustainability Development Goals (SDGs) nomor 8 tentang Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. Dengan berpartisipasi di dalam program tersebut, pelaku UMKM dapat meningkatkan kemampuannya dalam mengelola manajemen bisnis termasuk aspek digital dan pengelolaan keuangan yang esensial bagi keberlangsungan bisnis mereka.

Baca Juga  Piawai Merangkai Kata, Danil Sapt Kini Ingin Terjun Jadi Rapper

Program ini juga memberikan kesempatan bagi pelaku UMKM untuk mendapatkan mentoring dalam mengidentifikasi kendala atau tantangan yang mereka hadapi sebelum mengikuti program inkubasi yang lebih mendalam. Tidak sampai di situ, para pelaku UMKM peserta program ini berkesempatan untuk memperoleh akses permodalan sebagai bentuk dukungan dari FINATRA dalam melakukan ekspansi dan pengembangan bisnisnya untuk lebih maju.

Para pelaku UMKM ini diharapkan dapat ikut membuka peluang pekerjaan bagi lingkungan di sekitarnya, sehingga peran UMKM juga dapat membantu dalam mengurangi tingginya angka pengangguran pun dapat segera diatasi secara bertahap, terutama bagi para pekerja perempuan. FINATRA merespons tantangan ini dengan menerapkan Strategi GESI (Gender Equality and Social Inclusion).

Strategi GESI yang diterapkan pada program Sahabat FINATRA ini menjadi representasi FIFGROUP dalam mendukung implementasi SDGs nomor 5 tentang Kesetaraan Gender dan juga SDGs nomor 10 tentang Berkurangnya Kesenjangan. Oleh karena itu, melalui program ini, dapat dipastikan bahwa semua individu diperlakukan secara adil, tanpa memandang jenis kelamin, status sosial, kelompok etnis, dan lainnya. Semua pelaku UMKM memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses dan mendapatkan manfaat dari program Sahabat FINATRA.

Program Sahabat FINATRA merupakan program inkubasi yang terbuka secara umum bagi para pelaku UMKM yang memiliki motivasi tinggi untuk mengembangkan bisnisnya. Cara untuk bergabung dalam program ini pun cukup mudah. Para pelaku UMKM hanya cukup mengisi formulir pendaftaran online yang dapat diakses melalui link pendaftaran http://bit.ly/sahabatfinatra. Selain itu, pelaku UMKM yang akan melakukan pendaftaran cukup mempersiapkan dokumen foto usaha yang dijalankan untuk dimasukkan ke dalam formulir pendaftaran online tersebut. (ibs)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *