72 Artis yang Tinggalkan SM Entertainment, Termasuk Lee Soo Man Sang Founder dan Terbaru Sunny SNSD

72 Artis yang Tinggalkan SM Entertainment, Termasuk Lee Soo Man Sang Founder dan Terbaru Sunny SNSD

Kapanlagi.com – SM Entertainment dikenal sebagai salah satu agensi hiburan terbesar di Korea Selatan. Mereka melahirkan sejumlah idola populer di seluruh dunia dan melahirkan bintang-bintang berbakat baik sebagai penyanyi hingga aktris.

Tapi tentunya sebagai agensi SM punya kekurangan yang membuat para artisnya ada yang memutuskan untuk memutuskan atau tak mau perpanjang kontrak. Inilah para artis berbakat yang pernah dibina SM dan memutuskan untuk berkarir di agensi lain. Siapa saja?

1. 4 Member H.O.T.

H.O.T. bisa dibilang adalah idola dari generasi pertama yang menciptakan fandom culture dan populer di luar Korea. Dibentuk tahun 1996, mereka sukses besar dan sangat populer pad masanya. Sayangnya tahun 2001, Jang Woo HyukTony Ahn, dan Lee Jae Won memutuskan keluar dari SM karena tidak sepakat dengan tawaran kontrak. Ketiganya lalu membentuk jtl.

Leader H.O.T., Moon Hee Jun, sempat bertahan di SM setelah grupnya bubar. Ia baru keluar dari agensi tersebut di 2003 setelah membentuk agensi sendiri, PS Entertainment. Satu-satunya member H.O.T. yang bertahan sampai sekarang adalah Kangta.

2. S.E.S

S.E.S adalah girlgroup pertama produksi SM yang debut di 1997 dan sukses besar juga kala itu. Sayangnya BadaEugene, dan Shoo hanya bertahan lima tahun dan bubar di akhir 2002. Alasannya karena mereka tak setuju dengan SM yang ingin mengontrak ketiganya sebagai individu, bukan grup.

Bada meninggalkan SM untuk bersolo karir di 2003. Eugene setelah itu lebih fokus sebagai aktris tapi sempat sukses sebagai penyanyi solo juga. Shoo bertahan sampai 2006 di SM dan ikut dalam beberapa konser SM Town sebelum meninggalkan agensi.

3. M.I.L.K

Park Hee Von dan Seo Hyun Jin debut dalam girlgroup M.I.L.K. bersama dengan dua member lainnya, Bomi dan Yumi. Sayangnya grup tersebut bubar di 2003 setelah Yumi keluar. M.I.L.K adalah girlgroup bentukan BM Entertainment, sister label SM.

Park Hee Von dan Seo Hyun Jin kini sudah dikenal sebagai aktris. Park Hee Von adalah pemeran ibu Ji Eun Tak di Goblin sedangkan Seo Hyun Jin adalah langganan pemeran utama drama keren seperti?Oh Hae Young Again, Romantic Doctor Kim, hingga?The Beauty Inside. Tidak ada kabar terkait Bomi dan Yumi sekarang.

4. SHINHWA

SM mendebutkan Shinhwa tahun 1998. Sempat tertatih di awal debut, Eric dkk meraih kesuksesan lewat album kedua setahun kemudian. Mereka memutuskan meninggalkan SM tahun 2003 setelah kontrak habis, lalu gabung di Good Entertainment dan para member mulai aktif dengan karir individual.

Kini Shinhwa sudah punya perusahaan sendiri, Shinhwa Company, sejak 2012. Eric dan Minwoo bertindak sebagai CEO, sedangkan member lainnya punya saham.

5. Jang Nara

Jang Nara bergabung dengan SM sebagai aktris dan penyanyi di 2001. Ia langsung terkenal pada masanya berkat wajahnya yang imut-imut, bahkan 2002 disebut sebagai ‘tahunnya Jang Nara’ berkat albumnya yang laris, drama rating tinggi, hingga berbagai iklan yang dibintangi. Jang Nara kini sudah bergabung dengan agensi yang dibuat oleh ayahnya sendiri.

6. Fly To The Sky

Fly To The Sky adalah duo bersuara indah yang terdiri dari Hwanhee dan Brian Joo. Dibentuk tahun 1999, mereka meninggalkan SM tahun 2004 setelah kontrak habis. Setelah itu keduanya gabung dengan PFull Entertainment dengan alasan jika gabung dengan agensi lebih kecil mereka bisa lebih fokus dalam bermusik tanpa perlu memperhatikan aspek komersial saja.

7. SUGAR

Sugar adalah girlband bentukan Star World yang debut di 2002 dan promosi bersama SM. Grup ini terdiri dari empat member yaitu Ayumi Lee, Park Soo Jin, Hwang Jung Eum, dan Hyeseung. Di 2014, Hwang Jung Eum meninggalkan Sugar untuk lebih fokus di dunia entertainment. Ia lalu digantikan Lee Harin.

Park Soo Jin meninggalkan Sugar di 2016 untuk fokus sebagai aktris dan kini telah menikah dengan Bae Yong Joon. Ayumi Lee sempat jadi penyanyi di bawah naungan SM setelah Sugar bubar, tapi kini ia sudah pindah agensi. Sedangkan Hyeseung dan Lee Harin tidak diketahui kabar pastinya sekarang.

8. Shinvi

Shinvi debut tahun 2001 di bawah naungan Cid.K Entertainment, sub label SM Entertainment. Produksi dan promosi album mereka semuanya bersama SM. Sayangnya Shinvi cuma bertahan setahun.

Member Soojin sempat bertahan di SM hingga 2008 setelah Shinvi bubar. Sangeun menjadi penyanyi solo dan artis musikal. Yoona kini jadi pengacara.

9. Hyun Jin Young

Hyun Jin Young bisa dibilang artis pertama yang gabung SM di 1990. Ia disebut sebagai salah satu orang yang memperkenalkan musik hip hop di Korea. Dia memutuskan meninggalkan SM di 1993.

10. TRAX (The TraxX)

TRAX adalah band yang didebutkan SM pada 2004. Awalnya mereka terdiri dari empat member. Salah satunya adalah Rose atau lebih dikenal dengan nama aslinya, Noh Min Woo, meninggalkan SM tahun 2006 untuk fokus sebagai aktor. Ia sempat melakukan tuntutan kepada SM atas kontrak 17 tahunnya dengan agensi yang dianggap menghambat karir di 2015 dan dinyatakan kalah. Member lainnya, Attack, meninggalkan TRAX dan SM pada 2008.

TRAX tinggal dua member Jay dan Jungmo selama bertahun-tahun. Mereka sempat menjadi tiga orang setelah DJ Ginjo bergabung di 2018. Jay dan Jungmo menyatakan keluar dari SM pada April 2019 setelah kontrak 15 tahun mereka berakhir. DJ Ginjo kini berada di ScreaM Records, sublabel SM.

12. 2 Member Super Junior (Hangeng dan Kibum)

Akhir 2009, setelah Super Junior meraih kesuksesan dengan single Sorry Sorry, member asal China, Hangeng, memutuskan menuntut SM Entertainment untuk memutuskan kontraknya dan menghentikan aktivitas sebagai member Suju dan Super Junior-M. Sejak saat itu, Hangeng kembali dan beraktivitas di China.

Kim Ki Bum memutuskan untuk vakum dengan aktivitasnya bersama dengan Super Junior di 2009 untuk fokus dengan karirnya di dunia akting. Lama tak terdengar kabar, Ki Bum akhirnya meninggalkan SM pada 2015.

13. Yoon Park

Buat yang belum tahu aktor Yoon Park pernah gabung SM Entertainment di awal kariernya. Ia meninggalkan SM di 2013 dan gabung dengan JYP Entertainment hingga 2021. Sekarang aktor berusia 35 tahun itu bernaung di agensi H& Entertainment.

Yoon Park dikenal lewat aktingnya dalam WHAT HAPPEN TO MY FAMILY?, BEAUTIFUL LOVE WONDERFUL LIFE, FORECASTING LOVE AND WEATHER dan lainnya.

14. Jino

Di tahun 2010, SM membentuk SM The Ballad yang terdiri dari Cho Kyuhyun, Jay ex TRAX, mendiang Jonghyun SHINee serta Jino yang kala itu satu-satunya yang belum pernah debut di grup. Nama Jino sempat disebut bakal gabung sebagai member EXO, tapi ternyata sejak itu tak ada kabarnya lagi.

Kini ia adalah member dari boyband PENTAGON yang debut di bawah agensi CUBE Entertainment tahun 2016 dengan nama panggung Jinho dan berposisi sebagai vokalis utama.

15. Kim Isak

SM membentuk duo cantik Isak N Jiyeon tahun 2002 yang hanya bertahan selama 2 tahun. Jiyeon lalu berganti stage name Lina dan gabung dengan girlband bentukan SM, CSJH The Grace di 2004. Sedangkan Isak memilih untuk menjadi aktris hingga DJ radio dan meninggalkan SM pada 2012. Sampai sekarang Isak yang berdarah Jerman ini masih aktif sebagai DJ radio.

16. Empat Member EXO (Kris, Luhan, Tao, Lay)

Di tengah puncak popularitas EXOKris yang kala itu berstatus sebagai leader EXO-M mengajukan tuntutan kepada SM untuk memutus kontraknya pada Mei 2014 dengan alasan kesehatan, tidak adil dalam pembagian profit, tidak merasa bebas, dan merasa diperlakukan seperti barang. Kini Kris sedang menjalani hukuman atas kasus pemerkosaan dan pelecehan seksual anak di bawah umur.

Oktober 2014, Luhan juga mengajukan tuntutan yang sama dengan alasan kesehatan dan merasa diperlakukan berbeda dengan member EXO lain yang berasal dari Korea. Ia kini menjadi penyanyi dan aktor sukses di negara asalnya.

Setelah absen saat EXO melakukan promosi album EXODUS, Tao juga mengajukan gugatan kepada SM pada Agustus 2016. Ayah Tao menyatakan ingin anaknya anaknya lebih sehat dan mendapat dukungan untuk karir individual. Kini ia berkarier sebagai solois dan aktor dengan nama panggung Z.Tao serta punya agensi sendiri, Z.Tao Studio.

Lay juga mengumumkan meninggalkan SM Entertainment setelah kontraknya berakhir di April 2022. Tapi ia menegaskan masih menjadi member EXO. Selain jadi aktor dan solois top, Lay juga seorang CEO dari agensi miliknya, Chromosom Entertainment serta masih menjalin hubungan baik dengan SM.

17. Empat Member SNSD (Jessica, Tiffany, Sooyoung, Seohyun)

Tak bisa dipungkiri kalau Girls Generation atau SNSD adalah girlband SM paling sukses dan populer. Sayangnya pada September 2014, Jessica Jung diumumkan keluar dari grup dan SM dengan alasan yang sampai sekarang masih menjadi misteri serta SNSD akan beraktivitas dengan 8 member saja.

Oktober 2017, SM mengumumkan kalau Tiffany, Sooyoung dan Seohyun memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak dengan mereka tapi tetap sebagai bagian dari SNSD. Tiffany kini sebagai penyanyi solo dengan stage name Tiffany Young?serta aktif di berbagai musikal, variety show musik, dan baru saja ikut dalam drama REBORN RICH. Sedangkan Seohyun dan Sooyoung fokus di dunia akting.

18. Tiga Member CSJH The Grace

CSJH The Grace adalah girlband SM yang terdiri dari empat member dan debut di 2004 tapi kemudian vakum bertahun-tahun. Stephanie yang dikenal sebagai main dancer?meninggalkan SM di 2016 dan bergabung dengan Mafia Records.

Dana dan Sunday yang sempat jadi subunit Dana & Sunday meninggalkan SM tahun 2021 setelah 19 tahun di agensi tersebut. Sedangkan Lina kini dikenal sebagai seorang aktris musikal dan sudah punya dua anak dari pernikahannya dengan aktor Jang Seung Jo.

19. Go Ara

Selain idola K-Pop, SM Entertainment juga punya beberapa aktris cantik. Salah satunya adalah Go Ara yang dikenal lewat kecantikan wajahnya. Sayangnya di awal 2017, ia memutuskan untuk meninggalkan SM yang telah 17 tahun menemaninya. Go Ara kini jadi aktris di agensi King Kong by Starship.

20. Zhang Liying (Jang Ri In)

Selain BoA, SM punya solois bersuara indah yang berasal dari China, Zhang Liyin. Ia juga anggota dari SM The Ballad angkatan kedua di tahun 2014 dan sempat hampir debut bersama SNSD.

Baca Juga  Ferry Irawan Bebas Tepat di Hari Kemerdekaan Gara-Gara Berkelakuan Baik, Pulang ke Jakarta

Lama tak ada kabarnya, Zhang Li Yin memberitahukan lewat media sosial pada Februari 2017 kalau kontraknya bersama SM segera berakhir dan ia memutuskan untuk kembali ke China. Di bulan Agustus 2017, ia tercatat sebagai bagian dari artis di agensi Show City Times.

21. Ji Hansol

Ji Hansol diperkenalkan sebagai bagian dari SM The Rookies pada 2013 dan punya banyak penggemar sejak saat itu. Sempat ikut di acara untuk NCT, Hansol diketahui meninggalkan SM karena diduga tak kunjung debut. Ia ikut serta di acara The Unit dan debut di grup untuk para pemenang acara tersebut, UNB. Kini Hansol tergabung dalam boyband New Kidd yang resmi debut sejak April 2019 sebagai main dancer.

22. Empat Trainee Cewek SM The Rookies

Selain trainee cowok, SM The Rookies juga memperkenalkan talenta cewek mereka. Herin diperkenalkan sebagai member SM The Rookies pada 2015 dan diketahui meninggalkan agensi tersebut pada 2017, saat ia ikut dalam program Idol School. Sayangnya Herin gagal debut bersama dengan girlband fromis_9, grup bentukan untuk para pemenang di acara Idol School.

Yiyang yang berasal dari China, diperkenalkan sebagai member SM The Rookies pada 2016. Ia diketahui meninggalkan SM pada 2018 setelah mengikuti sebuah program acara di China.

Ketika aespa mulai diperkenalkan kepada publik, banyak yang bertanya-tanya tentang nasib para trainee cewek yang dulu diperkenalkan sebagai SM Rookies. Sebelum aespa debut, dua member SM Rookies yaitu Koeun dan Hina diketahui punya Instagram yang artinya mereka telah keluar dari SM (selama jadi trainee di SM mereka dilarang punya akun medsos). Menurut smtown.fandom.com, ketiganya meninggalkan SM tahun 2020 lalu.

Sementara itu, Lami yang sebelumnya dikabarkan keluar dari SM, kini debut sebagai aktris di agensi tersebut. Ia baru saja berakting di drama OH YOUNG SHIM.

23. Henry Lau

Henry Lau debut sebagai member dari Super Junior-M tahun 2008. Selain sebagai member Suju-M, Henry juga aktif sebagai penyanyi solo, komposer, dan bintang variety show. Ia mengumumkan meninggalkan SM pada April 2018. Sampai sekarang ia masih aktif bermusik, jadi aktor dan lain-lain.

24. f(x)

Tanggal 1 September 2020, Amber mengumumkan lewat medsosnya kalau dia tidak memperpanjang kontrak dengan SM. Empat hari kemudian, SM juga memberitahukan kalau Luna juga tidak memperpanjang kontraknya di agensi tersebut.

Tanggal 12 Oktober 2020, giliran Krystal yang secara resmi meninggalkan SM. Ia lalu bergabung dengan H& Entertainment dan sekarang lebih dikenal sebagai aktris drama dan film.

Victoria sempat mengumumkan kalau dia meninggalkan SM di IG pada tahun 2020. Tapi SM membantah dan menyatakan kalau mereka masih dalam masa pendiskusian kontrak. Baru pada 9 April 2021, SM akhirnya mengumumkan secara resmi kalau Victoria bukan lagi artis mereka.

Meski semua member f(x) telah meninggalkan SM, Luna membantah kalau grup yang mempopulerkan lagu Red Light dan 4 Walls ini telah bubar.

25. Lee Yeon Hee

Lee Yeon Hee adalah salah satu aktris yang lama berada di bawah naungan SM. Bintang drama EAST OF EDEN ini 19 tahun bersama SM. Tapi di 2020 lalu, ia memutuskan tidak memperpanjang kontrak dan memilih bergabung dengan VAST Entertainment milik Hyun Bin.

26. Ki Do Hoon

Aktor Ki Do Hoon meninggalkan SM di 2021 setelah enam tahun bernaung di agensi tersebut. Ia dikenal lewat aktingnya di drama ARTHDAL CHRONICLES, CATCH THE GHOST, ONCE AGAIN hingga JINXED AT FIRST. Ia juga pernah jadi model MV penyanyi Indonesia Rossa buat lagu Masih.

27. Lee Soo Man

Lee Soo Man selama ini dikenal sebagai founder SM Entertainment. Setelah mundur dari posisi CEO, ia memilih menjadi tim produksi yang masa kontraknya habis akhir 2022 lalu. Lee Soo Man sempat berniat menuntut tim manajemen SM yang tidak berkonsultasi dengan dirinya sebagai pemegang saham terbesar mengenai rencana agensi ke depan. Ia pun lalu memutuskan menjual semua sahamnya kepada HYBE.

28. Donghae, Eunhyuk, Kyuhyun Super Junior

Jumat (14/7/2023), tiga member Super Junior yaitu Donghae, Eunhyuk dan Kyuhyun diumumkan tidak memperpanjang kontrak mereka secarar individual. Tapi ketiganya tidak akan meninggalkan Super Junior dan akan beraktivitas bersama boygroup yang sudah membesarkan namanya itu. Cuma untuk urusan individual, mereka tidak lagi akan ditangani SM.

29. Yoo Young Jin

Yoo Young Jin selama ini dikenal sebagai produser utama di SM Entertainment yang sudah melahirkan sejumlah lagu hits seperti Sorry Sorry, Ring Ding Dong, I Got A Boy, MAMA, Next Level dan lain-lain. Yoo Young Jin memutuskan keluar SM, setelah Lee Soo Man memutuskan untuk keluar lebih dulu. Ia pun memberikan dukungan atas keputusan Lee Soo Man.

30. Kim Min Jong

Aktor senior Kim Min Jong memutuskan meninggalkan SM pada Juli 2023 setelah 17 tahun di agensi tersebut. Kim Min Jong dikenal lewat perannya di A GENTLEMAN’S DIGNITY, ATHENA: GODDES OF WAR, MRS COPS hingga VAGABOND.

31. Sunny SNSD

Sunny Girls Generation mengumumkan pada tanggal 8 Agustus 2023 kalau ia keluar dari SM Entertainment, beberapa hari setelah anniversary grupnya yang ke-16. Sunny sendiri menulis surat mengharukan buat para penggemanya saat mengumumkan keputusan ini.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *