Dari Desa Randuboto, Kulit Ikan Pari dan Ikan Hiu Diekspor ke Hongkong

Dari Desa Randuboto, Kulit Ikan Pari dan Ikan Hiu Diekspor ke Hongkong

INDOPOS.CO.ID – Pada tanggal 27 September 2023, bertempat di Desa Randuboto, Gresik, UD Sinar Jaya mengekspor produk kulit pari proses, kulit kikir proses, dan kulit pari kikir kering ke Hongkong. Diketahui komoditas dengan total berat 5.500 kilogram tersebut memiliki nilai ekspor sebesar USD27.500.

Ekspor ini merupakan hasil kolaborasi antara BKIPM Kelas II Surabaya, pemerintah daerah Kabupaten Gresik, dan Bea Cukai Gresik yang giat mengasistensi para pelaku UMKM di Kabupaten Gresik hingga dapat mewujudkan ekspornya.

UD Sinar Jaya sendiri ialah UMKM Kabupaten Gresik yang bergerak di bidang pengolahan hasil perikanan. Bahan baku ikan pari dan hiu diambil dari Rembang Jawa Tengah, Brondong, Probolinggo, Kalimantan, dan Bali. Saat ini, UD Sinar Jaya telah mempekerjakan 21 orang karyawan dan aktif melaksanakan ekspor produknya ke Hongkong dan Thailand.

“UD Sinar Jaya merupakan salah satu UMKM di Kabupaten Gresik yang disasar Bea Cukai Gresik dalam Klinik Ekspor, yaitu program asistensi ekspor bagi para pelaku UMKM. Melalui klinik ekspor, UMKM ini dibantu untuk mendapatkan akun Devisa Hasil Ekspor (DHE), yang merupakan rekening khusus bagi eksportir untuk menampung transaksi dari barang ekspor sumber daya alam,” jelas Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Gresik, Eko Rudi Hartono.

Ia pun berharap melalui pelaksanaan ekspor ini, UMKM akan semakin mandiri untuk terus maju menuju pasar global dan melakukan ekspor secara berkelanjutan. (ipo)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Tanah Abang Sepi Pembeli, DPD RI: Segera Mitigasi Penurunan Daya Beli Masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *