Kebakaran Museum Nasional, Perlindungan Artefak hingga Benda Sejarah jadi Prioritas

Kebakaran Museum Nasional, Perlindungan Artefak hingga Benda Sejarah jadi Prioritas

Jakarta:  Kebakaran terjadi dan melalal sebagian gedung di Museum Nasional Indonesia. Api muncul di Museum Nasional Indonesia pada Sabtu, 16 September 2023 pukul 20:08 WIB.
 
Plt. Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya, Ahmad Mahendra menjelaskan, Museum Nasional terbagi atas tiga bagian. Yakni gedung A, B, dan C.  Kebakaran terjadi di belakang Gedung A dan hingga pukul 21.42 api sudah berangsur padam.
 
Menurut Mahendra, Museum Nasional bekerja sama dengan pihak pemadam kebakaran untuk melokalisir kebakaran tersebut. Saat ini, perlindungan artefak hingga benda sejarah menjadi prioritas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Saat ini prioritas utama kami adalah perlindungan artefak berharga dan benda-benda sejarah yang ada di dalam museum,” kata Mahendra dalam keterangan tertulisnya,  Sabtu,16 September 2023.
 
Mahendra menjelaskan, petugas pemadam kebakaran sedang bekerja dengan upaya maksimal untuk memadamkan api.  Terpenting adalah menghindari kerusakan terhadap koleksi dan benda sejarah.
 
“Begitu api padam, kami akan langsung mengerahkan tim investigasi internal untuk menentukan penyebab pasti kebakaran serta melakukan pendataan terhadap koleksi baik yang terdampak maupun yang sudah diamankan,” lanjutnya.
 
Museum Nasional akan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk memastikan investigasi tersebut berjalan dengan transparan. Pihaknya akan terus memberikan informasi secara berkala kepada media dan masyarakat seiring dengan perkembangan situasi.
 
“Kami memohon doa dan dukungan dari semua pihak agar peristiwa ini dapat segera berangsur membaik,” pungkasnya.
 
Kuliah di kampus favorit dengan beasiswa full kini bukan lagi mimpi, karena ada 426 Beasiswa Full dari 21 Kampus yang tersebar di berbagai kota Indonesia. Info lebih lanjut klik, osc.medcom.id.
 

 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(CEU)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Meriah Abis! Crush Sukses Gelar Konser Bertajuk 'CRUSH HOUR' di Jakarta - Lagu-lagu Dibawakan dengan Energik!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *